Buraq! Tunggangan Ghaib Rasulullah SAW

Pastikan anda like FP kami Khalifah Islam di Facebook agar mendapatkan segala informasi perihal perkembangan dakwah dan mendalami ilmu islam secara baik dan benar.

Buraq Tunggangan Rasulullah

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,

فَرَبَطْتُهُ بِالْحَلْقَةِ الَّتِي يَرْبِطُ بِهِ الْأَنْبِيَاءُ
Aku mengikatkan buraq di salah satu pintu mesjid di baitul maqdis, tepat dimana para nabi juga mengikatkan binatang tunggangannya mereka (Muslim no. 162)

Tarbiyah - Peristiwa Isra' Mi'raj merupakan salah satu sejarah penting yang perlu kita yakini sebab peristiwa tersebut merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah SWT sebagai bentuk pembuktian kebenaran Nabi Muhammad SAW dan kemulian derajatnya di sisi Allah azza wa jalla.

Namun disaat peristiwa Isra' Mi'raj tersebut ada suatu hal unik yang sering menjadi bahan perbincangan, yaitu buroq alias tunggangan Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam.

Tarbiyah edisi kali ini akan membahas bentuk buraq. Buraq adalah salah satu mahluk ghaib yang di ciptakan oleh Allah SWT. Dikarenakan buraq adalah mahluk ghaib maka kita tidak akan pernah bisa menjumpai mahluk tersebut di alam ini, sesuai dengan firman Allah Ta'ala,
عَالِمُ الْغَيْبِ فَلَا يُظْهِرُ عَلَى غَيْبِهِ أَحَدًا. إِلَّا مَنِ ارْتَضَى مِنْ رَسُولٍ فَإِنَّهُ يَسْلُكُ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ رَصَدًا
Dialah Allah Tuhan yang maha mengetahui hal ghaib, dan Dia tidaklah mempertunjukan kepada seorangpun tentang hal yang ghaib itu. Kecuali kepada Rasulnya yang diridhaiNya, Kemudian Sesungguhnya Dia Memasang penjaga-penjaga (malaikat) di depannya dan di belakangnya. (QS. Al-Jin: 26 – 27)

Adapun bentuk buraq dapat kita ketahui dari hadis-hadis shahih yang telah menceritakan tentang perkara tersebut namun pandangan kita sebagai umat muslim tidak seharusnya menakwilkan perkara ghaib melebihi dari nash-nash shahih yang ada.

Bentuk buraq antara lain sesuai dengan hadis-hadis shahih yaitu :

  1. Bentuknya tidak lebih kecil daripada keledai dan tidak lebih besar daripada bighal (bighal merupakan peranakan antara kuda dan keledai).
  2. Warna buraq tersebut berwarna putih.
  3. Satu Langkah kakinya sejauh ujung pandangannya.
  4. Bentuknya seperti hewan tunggangan dan dapat pula diikat seperti tunggangan lainnya

وَأُتِيتُ بِدَابَّةٍ أَبْيَضَ، دُونَ البَغْلِ وَفَوْقَ الحِمَارِ: البُرَاقُ
Dan dibawakanlah kepada saya hewan tunggangan yang warnanya putih, ia lebih pendek dari bighal dan ia lebih tinggi dari keledai. Yaitu buraq. (Hadis Riwayat. Bukhari 3207)

ثُمَّ أُتِيتُ بِدَابَّةٍ أَبْيَضَ، يُقَالُ لَهُ: الْبُرَاقُ، فَوْقَ الْحِمَارِ، وَدُونَ الْبَغْلِ، يَقَعُ خَطْوُهُ عِنْدَ أَقْصَى طَرْفِهِ، فَحُمِلْتُ عَلَيْه

Kemudian dibawakanlah kepada saya seekor hewan tunggangan yang putih, namanya Buraq. ia lebih tinggi dari keledai dan ia lebih pendek dari bighal. Satu langkah kakinya berada di ujung pandangannya. Kemudian aku dinaikkan di atasnya. (HR. Ahmad 17835, Muslim 164)




Hadis-hadis yang telah dipaparkan di atas tadi merupakan cuplikan-cuplikan dari hadis shahih ketika nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam menceritakan peristiwa Isra' Mi'rajnya.

Adapun yang menggambarkan buraq memiliki sayap, berbentuk seperti kuda terbang, mempunyai tanduk, berwajah wanita cantik adalah kekeliruan sebab kami tidak mendapatkan riwayat yang mejelaskan buraq seperti hal-hal tersebut.

Allahu A'lam

Referensi

https://konsultasisyariah.com dengan judul "Apa itu Buraq?"
https://www.eramuslim.com dengan judul "Bentuk Buraq Rasulullah SAW"
http://www.dream.co.id dengan judul "Ini Bentuk Buraq, Kendaraan Tercepat Rasulullah"
http://www.pidipedia.com dengan judul "Seperti Apa Wujud Dan Sifat Buraq Dalam Peristiwa Isra Mi’raj?"

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »